Portfolio Kami

Lihat sekarang untuk ide kantor kamu
Artikel Menarik, klik disini
Konsultasi Gratis
untuk Hunian dan Kantor kamu, klik disini
Tertarik jualan di Gudang Furniture?
daftar jadi merchant kami, klik disini
Masukan kode OTP
Daftar
No. Handphone Kamu
Email kamu
Nama Kamu
Buat akun
Masukan Password
Daftar
Masukan kode OTP
Daftar
dengan mendaftar, saya menyetujui Syarat dan Ketentuan juga Kebijakan Privasi di Gudang Furniture
Menu Utama
Atur Ulang kata sandi kamu disini
Masukkan e-mail atau nomor HP yang terdaftar. Kami akan mengirimkan kode verifikasi untuk atur ulang kata sandi.
Sub Kategori
Artikel
5 Kisah Jokowi dalam Membangun Bisnis Furniture
di posting 2022-08-31

Siapa yang tak kenal Presiden Jokowi, beliau termasuk seorang pengusaha yang cukup sukses merintis bisnisnya. Jauh sebelum terjun ke dunia politik dan menjadi wali kota Solo, beliau cukup lama jatuh bangun mendirikan bisnis furniturnya.

Jokowi cukup lama memulai usahanya. Bahkan sembilan tahun lebih merintis usaha mebel, tidak ada tanda-tanda keberhasilan. Jokowi menceritakan, mebel perdana yang diproduksi pabriknya adalah bedroom set. Awalnya hanya dijual seputar kota Solo. Setelah tiga tahun berjalan, Jokowi sudah mulai mengekspor ke mancanegara.

Setelah sempat jatuh bangun merintis kerajaan bisnisnya, perlahan tapi pasti Jokowi akhirnya bisa menikmati hasilnya. Bahkan, sebagai pengusaha, dia melihat prospek bisnis furnitur lokal Indonesia sudah siap bersaing di pasar global.

Pria asal Kota Solo ini menilai pengusaha furnitur dan kerajinan Tanah Air berpeluang besar untuk mendominasi pasar produk kayu dan rotan. Salah satu alasannya, pengusaha lokal sangat cepat menyerap tren pasar.


Berikut beberapa fakta Jokowi saat sebagai seorang pengusaha, dalam membangun bisnis furniturnya.

1.  Modal pinjam ke bank
Setelah bekerja di salah satu BUMN di Aceh selama 1,5 tahun, Jokowi kembali ke Solo dan mulai merintis bisnis Keluarganya, yakni bisnis furnitur. Pamannya, Miyono menuturkan, karena minimnya modal, Jokowi pun harus pinjam uang ke bank. Jokowi berani memberi jaminan aset milik Orang tuanya.


2. Biasa tidur di pabrik
Jokowi mengaku cukup lama waktu yang dibutuhkan untuk bisa sukses merintis bisnisnya. Tidak hanya sabar dan doa, juga butuh kerja keras. Salah satunya bekerja melebihi jam kerja Anak buahnya.



3. Produknya diekspor ke Eropa
Hasil usaha dan pengorbanan Jokowi merintis bisnisnya akhirnya bisa dinikmati. Produk mebel atau furnitur yang awalnya hanya dijual di sekitar Surakarta, kini dikenal hingga ke Eropa dan Afrika.

Awalnya Jokowi hanya melakukan ekspor 3 bulan sekali. Setelah rajin ikut pameran, dalam satu bulan permintaan bisa mencapai 18 kontainer.

Jokowi memamerkan produknya di beberapa kota besar Dunia, seperti Jakarta, Singapura, Eropa, Amerika, dan Timur Tengah. Hasilnya, hampir semua negara jadi tujuan ekspor usaha mebel Jokowi.


4. Bikin furnitur sendiri
Jokowi mengaku tidak pernah membeli furnitur untuk mengisi sekaligus mempercantik kediamannya.

Sejak awal merintis bisnisnya, Jokowi terbiasa mengerjakan apapun yang bisa dikerjakan. Sebab, saat awal, Jokowi hanya punya tiga pembantu. Dengan demikian, mulai dari mengasah kayu hingga membuat konstruksi dan nyemprot mebel dilakukan sendiri.

5. Bisnisnya diteruskan oleh anak
Saat sudah menjadi pejabat publik, bisnisnya diteruskan oleh anak Jokowi, Kaesang Pangarep, dirinya berani membeli pabrik furniture milik Jokowi tunai.

WhatsApp