Portfolio Kami

Lihat sekarang untuk ide kantor kamu
Artikel Menarik, klik disini
Konsultasi Gratis
untuk Hunian dan Kantor kamu, klik disini
Tertarik jualan di Gudang Furniture?
daftar jadi merchant kami, klik disini
Masukan kode OTP
Daftar
No. Handphone Kamu
Email kamu
Nama Kamu
Buat akun
Masukan Password
Daftar
Masukan kode OTP
Daftar
dengan mendaftar, saya menyetujui Syarat dan Ketentuan juga Kebijakan Privasi di Gudang Furniture
Menu Utama
Atur Ulang kata sandi kamu disini
Masukkan e-mail atau nomor HP yang terdaftar. Kami akan mengirimkan kode verifikasi untuk atur ulang kata sandi.
Sub Kategori
Artikel
Hal Yang Wajib Kamu Perhatikan Dalam Memilih Kursi Ergonomis untuk Kerja
di posting 2024-04-03

Kursi ergonomis adalah jenis kursi yang dirancang khusus untuk memberikan dukungan yang optimal bagi penggunanya agar nyaman selama penggunaan jangka panjang dan untuk mengurangi risiko cedera atau ketidaknyamanan fisik.

Ketika memilih kursi ergonomis untuk bekerja, ada beberapa faktor penting yang perlu diperhatikan untuk memastikan kenyamanan dan dukungan yang optimal. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan termasuk:

 

1. Sandaran Kepala (Headrest)

Sandaran kepala (Headrest) pada kursi ergonomis berfungsi mengurangi ketegangan pada otot leher dan bahu saat bekerja dalam posisi duduk.


Memberikan dukungan yang cukup untuk leher dan kepala pengguna agar mereka dapat bekerja atau bersantai dengan nyaman tanpa merasa lelah atau tegang, serta meningkatkan postur tubuh yang sehat dan ergonomis saat duduk.

 

Beberapa kursi ergonomis memiliki sandaran  kepala yang bisa diatur tingginya.  Dapat diatur untuk mencapai sudut yang paling nyaman sesuai dengan preferensi pengguna. Ada pula penambahan bantalan yang empuk pada sandaran kepala, yang dapat meningkatkan tingkat kenyamanan saat menggunakan kursi tersebut.

 

2. Sandaran Tangan (Armrest)

Sandaran tangan pada kursi ergonomis adalah salah satu komponen penting yang dirancang untuk memberikan dukungan pada lengan dan bahu pengguna selama mereka duduk di kursi.


Fungsi utama dari sandaran tangan ergonomis adalah untuk mengurangi tekanan dan ketegangan pada area lengan atas, bahu, dan leher, serta untuk meningkatkan kenyamanan selama penggunaan jangka panjang.

Sandaran tangan pada kursi dapat disesuaikan agar cocok dengan tinggi meja kerja dan tinggi duduk pengguna. Sandaran tangan dapat diatur naik turun, maju mundur  atau kanan kiri sesuai dengan posisi kerja. Untuk meningkatkan kenyamanan dan mengurangi tekanan pada lengan, sandaran tangan memiliki material polyurethane yang empuk bahannya menyerupai seperti karet.

 

3. Kaki Kursi (Foot Base)

Kaki penopang pada kursi ergonomis memiliki peran krusial dalam desain kursi, bertujuan memberikan dukungan dan kenyamanan terutama untuk kaki dan kaki bagian bawah pengguna.


Fungsi utama kaki penopang ini adalah memastikan postur duduk yang tepat dan mengurangi tekanan pada tubuh selama penggunaan serta penempatan kaki yang nyaman tanpa merasa terlalu rendah atau terlalu tinggi. Dirancang untuk memberikan stabilitas yang optimal sehingga kursi tidak bergoyang atau goyah saat digunakan.

 

4. Hidrolik

Sistem hidrolik pada kursi ergonomis mengacu pada mekanisme yang menggunakan cairan hidrolik untuk menyesuaikan ketinggian kursi. Ini adalah komponen kunci dalam desain kursi ergonomis karena memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mengatur kursi sesuai dengan tinggi meja kerja mereka dan tinggi duduk yang nyaman.


Pengguna perlu dapat menyesuaikan tinggi kursi sehingga mereka dapat menempatkan kaki dengan nyaman di lantai dengan lutut dalam sudut sekitar 90 derajat. Fungsi utama dari sistem hidrolik ini adalah memberikan fleksibilitas dan kemudahan dalam mengatur kursi sehingga pengguna dapat duduk dengan nyaman sesuai dengan postur tubuh mereka.

Kursi ergonomis sering menggunakan silinder hidrolik yang berisi cairan atau udara yang dapat disesuaikan tekanannya. Dengan menekan tuas atau pengontrol yang sesuai, pengguna dapat mengatur tekanan dalam silinder untuk menyesuaikan tinggi kursi.

 

5. Mekanisme

Mekanisme penyesuaian pada kursi ergonomis adalah komponen yang mengatur berbagai gerakan dan penyesuaian untuk memberikan kenyamanan, dukungan, dan fleksibilitas kepada pengguna selama duduk. Fungsinya adalah memungkinkan pengguna menyesuaikan kursi sesuai dengan preferensi postur tubuh mereka dan aktivitas yang sedang mereka lakukan.


Aspek-aspek penting dari mekanisme kursi ergonomis meliputi kemampuan untuk mengubah kemiringan kursi untuk mengganti posisi tubuh, kemungkinan mengunci kursi dalam posisi yang nyaman, sistem keseimbangan yang mengikuti gerakan tubuh, penyesuaian lengan untuk kenyamanan, dan penyesuaian kedalaman duduk untuk menyesuaikan panjang kaki pengguna.

Namun, pengguna harus diberikan panduan atau instruksi yang jelas untuk mengoperasikan mekanisme dengan benar agar menghindari cedera atau kerusakan pada kursi. 

6. Material

Material yang digunakan dalam kursi ergonomis dapat bervariasi tergantung pada merek dan model kursi tersebut. Pemilihan material harus mempertimbangkan preferensi pribadi, lingkungan di mana kursi akan digunakan, dan anggaran.


Penting untuk memilih material yang sesuai dengan kebutuhan untuk memastikan kenyamanan dan dukungan yang optimal saat menggunakan kursi ergonomis. Selain itu, pastikan bahwa kursi dibuat dengan kualitas tinggi untuk menjaga daya tahan dan kenyamanan jangka panjang.

***
Kamu juga bisa temukan berbagai macam pilihan kursi ergonomis di Gudang Furniture dengan fitur lengkap namun harga sangat terjangkau. Dapatkan cashback 50RB untuk pengguna pertama order melalui Google Playstore

 

WhatsApp