Portfolio Kami

Lihat sekarang untuk ide kantor kamu
Hotline : 0811 9778 856
Kategori
Portfolio kami, intip sekarang yuk
Buat ruang impian kamu sendiri,konsultasi gratis
Kunjungi merchant kami Gabung jadi merchant? daftar disini
FAQ
Tentang Kami
ada chaskback 50rb jika transaksi melalui aplikasi
Gabung Merchant Bersama Kami
Back
Masukan kode OTP

Daftar ? isi dulu

Daftarkan dengan,
ex: 0811737../person@mail.com
Isi Nama kamu,
Lanjut daftar
Masukan Password
Daftar
Masukan kode OTP
Daftar
X

Setting Ulang Password

Sub Kategori

Istilah di Dunia Kerja yang Berhubungan dengan Perjanjian Kerja

1. PROBATION

Probation memiliki arti sebagai fase uji coba atau penilaian dari atasan mengenai layak atau tidaknya seorang karyawan untuk lanjut bekerja. Masa probation biasa berlangsung satu bulan, tiga bulan, atau enam bulan, tergantung kebijakan dan kesepakatan antara perusahaan dengan calon karyawan.

 

2. PKWT

Istilah perjanjian kerja PKWT merupakan singkatan dari Perjanjian Kerja Waktu Tertentu yang artinya, perjanjian kerja antara karyawan dan pemberi kerja berlaku untuk waktu tertentu yang telah menjadi kesepakatan di awal. Perjanjian Kerja Waktu Tertentu alias PKWT ini biasanya berlaku untuk freelance atau pekerja lepas atau pekerja untuk project tertentu. Oh iya, sederhananya lagi, PKWT ini bisa pula berarti perjanjian kerja kontrak.

 

3. PKWTT

Berbeda dari PKWT, istilah PKWTT adalah Perjanjian Kerja Waktu Tidak Tertentu. Artinya, gak ada waktu tertentu dalam perjanjian kerja antara karyawan dengan perusahaan atau pemberi kerja.

Biasanya, nih, perjanjian kerja berbentuk PKWTT diawali dengan masa probation, sebelum nantinya si karyawan menyandang status karyawan tetap. Dalam PKWTT, kesepakatan kerja hanya bisa berakhir ketika si karyawan memasuki masa pensiun, meninggal dunia, atau si karyawan mau resign. 

 

4. PRORATE

Prorate atau prorata merupakan perhitungan gaji berdasarkan waktu kerja yang telah dijalani (umumnya perhitungan ini dipakai apabila masa kerja kurang dari sebulan).

Gaji prorate biasanya berlaku untuk karyawan baru yang masuk di tengah-tengah periode perhitungan gaji. 

 

5. ONE MONTH NOTICE

Istilah one-month notice merupakan aturan yang umumnya berlaku bagi seorang karyawan yang hendak mengundurkan diri.

Pengertian one-month notice di sini merupakan ketetapan bagi karyawan yang mau resign. Maksudnya, mereka harus menyampaikan pengajuan pengunduran dirinya (secara tertulis), sekurang-kurangnya satu bulan sebelum tanggal terakhir bekerja.

6. RESIGN

Nah, ini adalah istilah yang bakal sering nongol ketika seseorang mau berhenti dari pekerjaannya. Resign sendiri berarti “mengundurkan diri”. 


Tags :

Recent Posts

WhatsApp