Portfolio Kami

Lihat sekarang untuk ide kantor kamu
Artikel Menarik, klik disini
Konsultasi Gratis
untuk Hunian dan Kantor kamu, klik disini
Tertarik jualan di Gudang Furniture?
daftar jadi merchant kami, klik disini
Masukan kode OTP
Daftar
No. Handphone Kamu
Email kamu
Nama Kamu
Buat akun
Masukan Password
Daftar
Masukan kode OTP
Daftar
dengan mendaftar, saya menyetujui Syarat dan Ketentuan juga Kebijakan Privasi di Gudang Furniture
Menu Utama
Atur Ulang kata sandi kamu disini
Masukkan e-mail atau nomor HP yang terdaftar. Kami akan mengirimkan kode verifikasi untuk atur ulang kata sandi.
Sub Kategori
Artikel
Istilah-istilah Dalam Dunia Kerja, Freshgraduated Wajib Tahu!
di posting 2022-11-17

Kamu seorang pegawai atau freshgraduate yang baru memasuki dunia kerja? Jika iya, kamu harus menguasai istilah-istilah di dalam dunia kerja untuk mempermudah proses komunikasi dengan rekan kerja. Yuk, cari tahu istilah-istilahnya disini!

Di dunia kerja, kamu akan menemukan banyak istilah yang tidak kamu temui saat masa sekolah. Istilah-istilah nya pun beragam dan memiliki arti yang berbeda-beda. Tujuan dari istilah ini digunakan adalah, biasanya, untuk memperjelas dan mempersingkat pesan yang akan disampaikan, baik langsung maupun melalui media!

 

1. WFH

WFH sendiri merupakan singkatan dari Work From Home atau jika dalam bahasa Indonesia berarti bekerja dari rumah. Dimasa pandemi ini, banyak perusahaan yang menetapkan aturan WFH bagi karyawannya untuk mencegah penularan virus.

 

2. REMOTE

Sedikit berbeda dengan work from home, remote working merupakan salah satu istilah dalam dunia kerja yang sudah cukup terkenal sejak lama. Remote working adalah kondisi kerja jarak jauh di mana pegawai bebas untuk bekerja dari mana saja, selama ia bisa menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan deadline dan target yang telah disepakati. 

Saat ini, banyak perusahaan yang sudah menerapkan sistem remote working. Pekerjaan ini bisa selesai dari rumah, dari hotel, dari kafe, dari pantai, dan masih banyak lagi. Sistem kerja tersebut dianggap lebih fleksibel dan tidak membuat seseorang terikat untuk pergi ke kantor.

 

3. HYBRID

Istilah dunia kerja ini pun booming saat masa COVID-19. Hybrid adalah sistem kombinasi antara pegawai bekerja dari kantor  dan juga bekerja dari rumah. Misal dari total lima hari kerja, pegawai harus on

 

4. NOTED

Kata-kata ini seringkali digunakan di lingkungan kerja. Kata ‘noted‘ biasanya mengartikan bahwa kita sudah memahami perkataan, feedback, masukan, atau apapun bentuk penyampaian dari lawan bicara kita. 

 

5. TENG-GO

Istilah “teng-go” merupakan istilah yang biasanya dipakai saat situasi pekerja yang pulang tepat pukul lima atau tepat pukul waktu selesai kerja yang ditentukan tiap perusahaan. Kata “teng” merujuk pada bunyi jam jika sudah menunjukkan waktu yang tepat. Serta kata “go” yang merujuk pada Bahasa Inggris go = pergi.

Dengan demikian, “teng-go” berarti pulang kerja tepat waktu. Biasanya para pekerja saling bertanya kepada rekan kerjanya jika sudah mendekati waktu pulang. “Eh, nanti teng-go nggak?”

 

6. OT

OT atau Overtime merupakan istilah terbaru dalam dunia kerja yang bisa juga diartikan sebagai lembur.

Masing-masing perusahaan biasanya memiliki aturan sendiri untuk lembur. Ada beberapa perusahaan yang membayar lembur berupa uang, ada juga yang membayar berupa makanan.

 

7. MoM

Minutes of Meeting atau MoM adalah istilah yang merujuk kepada hal yang dibicarakan dalam suatu rapat. MoM tersebut harus ditulis dan dikirim kembali kepada seluruh peserta rapat.

 

8. FYI

Istilah tersebut merupakan kependekan dari For Your Information dan biasanya digunakan untuk memberi tahu suatu informasi kepada orang lain. Istilah FYI sebenarnya tidak hanya dipakai di dunia kerja saja, tetapi juga digunakan oleh masyarakat secara umum.

 

9. TBC

TBC atau To be Confirmed merupakan istilah yang menjelaskan kepada orang lain bahwa sesuatu masih akan dikonfirmasi lebih lanjut nantinya. Dengan kata lain, informasi tersebut masih tentatif atau belum final sehingga masih harus menunggu konfirmasi lanjutan.

 

10. PFA

PFA adalah singkatan dari Please Find Attach yang biasanya digunakan saat mengirim email kepada orang lain. Agar orang tersebut tahu bahwa kamu menyertakan lampiran, kamu bisa menuliskan PFA atau Please Find Attach di dalam body email yang kamu tulis.

 

11. HQ atau HO

HQ merupakan singkatan dari Headquarter dan HO merupakan singkatan dari Head Office. Keduanya sama-sama merujuk kepada kantor pusat suatu perusahaan.

 

12. TCD

TCD atau Target Completion Date yang berarti batas waktu seorang pegawai untuk menyelesaikan tugas atau pekerjaannya. Kamu mungkin bisa juga menyebut TCD sebagai deadline.

 

13. FYA

Hampir serupa dengan FYI, FYA merupakan istilah yang biasanya digunakan untuk menginstruksikan sesuatu kepada rekan kerja. FYA sendiri memiliki kepanjangan For Your Action.

 

14. TBD

To Be Discussed atau TBD juga merupakan salah satu istilah yang sering dipakai saat kamu berkirim email dengan rekan kerja.

 

15. SOP

Saat masih kuliah, kamu mungkin sering mendengar istilah SOP. Istilah tersebut merupakan singkatan dari Standard Operational Procedures yang berarti suatu cara atau prosedur kerja tertulis dan wajib diikuti oleh semua pegawai.

 

16. CUT OFF

Istilah cut off biasanya digunakan oleh bagian keuangan atau finance. Istilah ini merujuk kepada tanggal di mana pegawai tidak bisa lagi melakukan input data keuangan yang harus dibayar oleh bagian keuangan.

 

17. KPI

Istilah KPI atau Key Perfromance Indicators berarti pekerjaan yang telah ditetapkan pada awal tahun dan wajib dicapai oleh seorang pekerja. KPI sendiri berguna bagi atasan untuk menilai bagaimana para karyawan bekerja dan menjadi salah satu faktor untuk mendukung kenaikan jabatan.

 

18. ASAP

Selain di dunia kerja, istilah ASAP juga mungkin sering kamu dengar dari orang lain di sekitarmu. Istilah ASAP sendiri merupakan singkatan dari As Soon As Possible. Istilah ini biasanya digunakan ketika deadline pekerjaan semakin dekat atau seseorang membutuhkan balasan sesegera mungkin.

 

19. CONFERENCE CALL 

Conference call dikenal juga dengan nama concall. Conference call adalah kondisi di mana seseorang dapat melakukan pembicaraan dengan dua orang berbeda atau lebih dalam waktu yang bersamaan. Orang-orang yang bergabung dalam conference call dapat berbicara, bertukar informasi, dan mendengarkan pembicaraan antara satu dengan yang lain.

 

20. TBD / TBC

To be discuss atau TBD adalah istilah yang biasa digunakan seseorang untuk membalas kiriman email terkait rancangan pekerjaan dari rekan kerja. Artinya, rancangan pekerjaan atau plan yang kamu kirim perlu didiskusikan kembali dengan pihak-pihak terkait sehingga plan tersebut belum bisa dieksekusi.

Sementara itu, to be confirm atau TBC adalah kondisi di mana ada suatu rancangan atau informasi yang masih harus menunggu konfirmasi terlebih dahulu dari pihak yang bersangkutan. Sebetulnya,  istilah ini tak hanya berlaku dalam dunia kerja, alias sudah meluas ke industri atau bidang lainnya.

 

21. SCOPE OF WORK

Scope of work adalah intruksi yang berisi persetujuan kerja sama dan perjanjian antara suatu company dengan influencer. Nah, untuk melakukan pekerjaannya, influencer harus memerhatikan setiap detail scope of work agar tidak terjadi kesalahan yang merugikan pihak perusahaan.

 

22. PITCHING

Secara umum, pitching adalah kegiatan atau usaha yang dilakukan seseorang untuk meyakinkan orang lain. Dalam dunia pekerjaan atau dalam dunia bisnis, biasanya proses pitching dilakukan oleh mereka yang berkarier dalam bidang sales dan marketing. Tujuan dari pitching itu sendiri bervariasi, bisa untuk mendapatkan pendanaan, berkolaborasi dengan perusahaan besar, dan lain sebagainya.

Intinya, pitching adalah proses dimana seseorang meyakinkan satu orang atau organisasi untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan sebelumnya.

 

23. ANNUAL LEAVE

Annual leave disebut juga dengan cuti tahunan. Dulu, istilah dalam dunia kerja yang satu ini digunakan di dunia militer loh. Namun, seiring bekembangnya informasi dan teknologi, saat ini annual leave tentu tidak asing di telinga para pegawai kantoran

 

24. FU

“Bentar, aku follow up dulu ke orangnya ya.”

Siapa yang pernah kirim teks kayak gitu ke atasan atau rekan kerja di kantor? Hehe. Follow up atau disingkat “FU” adalah suatu tindakan ketika kamu ingin menanyakan atau memberi informasi lanjutan tentang suatu pekerjaan dari/kepada orang lain.

 

25. CONVERTION

Secara umum, convertion adalah perubahan atau konversi. Istilah ini sangat umum dipakai dalam dunia kerja atau dunia bisnis. Convertion memiliki arti suatu proses untuk “mengubah” pengunjung menjadi pembeli, bahkan menjadi pelanggan melalui pembelian produk. 

 

26. NICHE

“Kalau mau ngonten, harus tau dulu niche-nya apa!” Kamu pernah dengar kalimat seperti itu, nggak? Sederhananya, niche adalah semacam spesialisasi dari suatu produk, baik itu produk digital atau non digital.  Contohnya kamu ingin menjadi content creator, agar kamu dapat lebih mudah diingat oleh audiens, sebaiknya kamu tentukan niche apa yang akan diambil. Entah itu sebagai food content creator, education, tutorial masak, dan lain sebagainya.

 

27. MERIT INCREMENT

Hmm, siapa sih yang nggak mau naik gaji? Yap, merit increment adalah kenaikan gaji. Kenaikan gaji ini biasanya ditujukan untuk employee yang sudah memiliki masa kerja tertentu (tergantung dengan standard karyawan) dengan status permanent.

 

28. TOWN HALL

Nggak, untuk istilah ini artinya bukan aula kota ya. Town hall adalah salah satu jenis meeting yang sengaja diadakan pihak perusahaan untuk menyampaikan update. Saat town hall, karyawan bisa mendapatkan update kondisi perusahaan, update keadaan bisnis, dan lain sebagainya.

Anyway, town hall ini juga biasanya dilakukan untuk menyelaraskan kembali visi misi perusahaan dengan seluruh pegawai. Istilah lain dari town hall adalah all staff meeting atau all hands meeting. Town hall sering dilakukan oleh company dengan skala yang sangat besar.

 

29. ONBOARDING

Onboarding adalah istilah yang digunakan untuk proses penyesuaian karyawan baru terhadap semua hal yang berkaitan dengan perusahaan. Mulai dari culture, visi misi perusahaan, hingga saling mengenal dengan rekan-rekan kerja di perusahaan tersebut.

 

30. OFFBOARDING

Nah, istilah ini merupakan kebalikan dari onboarding. Melalui kata off, pasti kamu sudah bisa menebak apa maksud dari istilah dalam dunia kerja yang satu ini. Betul! Off borading adalah istilah yang digunakan untuk karyawan saat secara resmi keluar dari perusahaan, entah itu karena resign, kontrak yang tidak diperpanjang, dan lain sebagainya.

31. REVENUE

Revenue adalah istilah yang paling umum dalam dunia kerja dan dunia bisnis. Revenue bisa kita sebut juga sebagai pendapatan, yaitu dana masuk yang diperoleh oleh suatu bisnis atau suatu posisi pekerjaan dalam jangka waktu tertentu. 

Biasanya revenue diperoleh dari hasil penjualan produk baik berupa barang atau jasa. Akan tetapi, tidak sedikit perusahaan memperoleh penghasilan dari sumber lain, misalnya bunga deposito dan investasi.

 

32. BRAINSTORM

“Bentar-bentar, gue brainstorming dulu ya!”

Untuk para karyawan atau pekerja yang bergelut di bidang kreatif pasti sudah tidak asing dengan istilah ini. Dalam bahasa Indonesia, istilah “brainstorm” dikenal sebagai “curah pendapat”, yaitu semacam proses kreatif untuk menyelesaikan masalah dengan mencari gagasan atau ide secara spontan dalam waktu yang singkat.

 

33. FUNDING

Suatu proses pengumpulan dana atau pendanaan dikenal dengan istilah funding. Dengan melihat kata asalnya yaitu, "fund" yang berarti simpanan, maka kita dapat mengartikan bahwa funding dalam dunia kerja adalah kegiatan pengumpulan  modal atau simpanan dari berbagai lembaga keuangan. Dengan menggunakan funding, perusahaan dapat memperluas produk dan juga jangkauan bisnis.

 

34. BRIEF DECK

Adapun untuk istilah satu ini sebetulnya pasti kamu sudah tidak asing, sih. Iya, brief deck biasanya berbentuk slides atau power point. Umumnya brief deck adalah slides yang dibutuhkan untuk memberi informasi singkat terkait suatu produk atau suatu rencana bisnis pada setiap divisi di perusahaan.

 

35. TIMELINE

Kamu tahu nggak? Di setiap perusahaan atau company, sebagian besar dari karyawannya melakukan pekerjaan dengan sangat rapi, karena dibuat dengan timeline yang terdiri dari plan A, B, hingga plan-plan pengganti lainnya. Jadi, dalam dunia kerja, timeline adalah perkiraan waktu atau perencanaan waktu yang dibutuhkan oleh pegawai dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.

 

36. OKR

Istilah lain yang paling sering ditemui di tempat kerja adalah OKR, istilah ini merupakan kependekan dari Objective and Key Results. Selain Key Performance Indicator (KPI), metode ini dapat digunakan untuk mengukur keberhasilan organisasi atau hasil kerja sesuai dengan tujuan awal.

OKR adalah kerangka kerja yang menetapkan sebuah tujuan, dan mengukut pencapaian tujuan tersebut melalui hasil utama sebagai tolak ukur. Istilah ini sangat populer dalam dunia startup.

37. UNPAID LEAVE

Berbeda dari annual leave yang menjadi hak karyawan tanpa menghilangkan hak untuk mendapatkan upah atau tunjangan, unpaid leave adalah cuti di luar tanggungan kantor.

Artinya, karyawan boleh cuti atau tidak bekerja untuk sementara waktu, tetapi karyawan tersebut tidak mendapat upah, tunjangan, dan fasilitas apa pun dari perusahaan selama masa cuti berlangsung.

WhatsApp