Portfolio Kami

Lihat sekarang untuk ide kantor kamu
Artikel Menarik, klik disini
Konsultasi Gratis
untuk Hunian dan Kantor kamu, klik disini
Tertarik jualan di Gudang Furniture?
daftar jadi merchant kami, klik disini
Masukan kode OTP
Daftar
No. Handphone Kamu
Email kamu
Nama Kamu
Buat akun
Masukan Password
Daftar
Masukan kode OTP
Daftar
dengan mendaftar, saya menyetujui Syarat dan Ketentuan juga Kebijakan Privasi di Gudang Furniture
Menu Utama
Atur Ulang kata sandi kamu disini
Masukkan e-mail atau nomor HP yang terdaftar. Kami akan mengirimkan kode verifikasi untuk atur ulang kata sandi.
Sub Kategori
Artikel
Siap Mudik Lebaran 2022, Baca Tips Ini Agar Aman & Nyaman Sampai Kanpung Halaman
di posting 2022-04-23

Pemerintah mempersilakan masyarakat pulang ke kampung halaman mengendarai mobil pribadi untuk merayakan lebaran 2022. Para pemudik diimbau tetap menjaga tertib berlalu lintas agar selamat sampai tujuan.

Apabila kamu berencana untuk pulang kampung dengan mobil pribadi, ada beberapa tips yang akan dibagikan di artikel ini agar momen mudik 2022 kamu berjalan dengan lancar dan selamat sampai tujuan.

 

1.  Pastikan Update Peraturan Pemerintah Terbaru Terkait Mudik 2022

  • Sebelum mudik, kamu harus tahu peraturan untuk pemudik 2022. Peraturan mudik di masa pandemi ini dikeluarkan dalam Surat Edaran Satgas Covid-19 Nomor 16 Tahun 2022.
  • Bagi yang sudah menerima vaksin booster atau dosis ketiga, maka untuk perjalanan dalam negeri tidak perlu menunjukkan hasil negatif dari rapid test antigen atau RT-PCR.
  • Bagi yang sudah melakukan vaksin dosis kedua, maka untuk perjalanan dalam negeri wajib menunjukkan hasil negatif dari rapid test antigen dalam kurun waktu 1x24 jam atau hasil negatif dari tes RT-PCR dalam kurun waktu 3x24 jam sebelum keberangkatan.
  • Bagi yang sudah melakukan vaksin dosis pertama, maka untuk perjalanan dalam negeri wajib menunjukkan hasil negatif dari tes RT-PCR dalam kurun waktu 3x24 jam sebelum keberangkatan.
  • Apabila memiliki kondisi kesehatan tertentu yang membuat masyarakat tidak bisa menerima vaksin, maka wajib menunjukkan hasil negatif RT-PCR dalam kurun waktu 3x24 jam sebelum perjalanan serta melampirkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah yang menyatakan jika pihak bersangkutan tidak bisa mengikuti vaksinasi Covid 19.
  • Anak-anak usia kurang dari enam tahun dikecualikan terhadap aturan vaksinasi serta tidak wajib menunjukkan hasil negatif dari RT-PCR maupun rapid test antigen.
  • Menggunakan masker kain tiga lapis atau masker medis yang menutup hidung, mulut, hingga dagu.
  • Ganti masker tiap empat jam dan buang ke tempat sampah yang telah disediakan.
  • Selalu cuci tangan secara berkala dengan air bersih dan sabun atau menggunakan hand sanitizer, terutama ketika baru saja bersentuhan dengan orang lain atau benda di tempat umum.
  • Hindari kerumunan dan jaga jarak minimal 1,5 meter.

 

2.  Periksa Kondisi Mobil yang Digunakan untuk Mudik

Menggunakan mobil pribadi ketika mudik maka wajib untuk mengetahui mobil sendiri. Kamu harus pastikan jika mobil sudah layak dipakai jarak jauh dengan medan tempuh yang beraneka macam, seperti tanjakan atau jalan berlumpur.

Sebelum berangkat pastikan jika oli mesin, oli transmisi, dan air radiator sudah diganti. Kemudian, periksa pula kondisi ban dan rem, jika perlu lakukan balancing dan spooring supaya mobil lebih stabil. Cek pula semua lampu mobil, dan terakhir isi bahan bakar hingga penuh.

Kejadian tak terduga terkadang tidak bisa dihindari, maka sangat penting untuk memiliki asuransi mobil sebagai proteksi kendaraanmu, mudik dengan mobil pun akan lebih tenang.

 

3.  Bawa Uang Tunai yang Cukup

Banyak masyarakat yang kini sudah meninggalkan uang tunai dan memilih untuk cashless, namun jika mudik ke kampung halaman tetap bawa uang tunai yang cukup, ya. Pasalnya beberapa tempat belum menyediakan pembayaran cashless, seperti toilet umum, warung makan, dan lainnya. Belum tentu juga selama perjalanan kamu bisa menemukan mesin ATM.

 

4.  Siapkan Bekal Makanan dan Minuman

Agar perjalananmu lebih cepat sampai ke tujuan, siapkan bekal makanan dan minuman yang bisa dikonsumsi saat di jalan, sehingga kamu tidak perlu berhenti terlalu sering ke tempat makan. Ini juga sebagai persiapan jika perjalanan cukup macet dan perut sudah sangat lapar. Selain itu, bawa makanan sendiri juga menghindari dari kerumunan.

 

 

5. Pastikan Kondisi Tubuh dalam Keadaan Sehat

Tentu saja perjalanan tidak akan terasa nyaman apabila badan sedang tidak sehat. Jadi, pastikan kamu jaga kesehatan saat sudah mendekati tanggal keberangkatan mudik. Jangan lupa pula bawa obat-obatan pribadi.

Memiliki asuransi perjalanan di masa mudik sangat penting, karena bisa membantu untuk cover biaya rumah sakit yang mahal apabila tiba-tiba sakit di kota lain. Selain itu, ada banyak manfaat lainnya, seperti perlindungan dari kecelakaan diri, kehilangan, dan lainnya.

***

Itulah sederet tips mudik 2022. Dengan mengikuti tips di atas, perjalanan mudik lebaran kamu lebih menyenangkan, selalu hati-hati dalam perjalanan dan selamat berkumpul dengan keluarga dikampung halaman.

 

 

WhatsApp