Portfolio Kami

Lihat sekarang untuk ide kantor kamu
Artikel Menarik, klik disini
Konsultasi Gratis
untuk Hunian dan Kantor kamu, klik disini
Tertarik jualan di Gudang Furniture?
daftar jadi merchant kami, klik disini
Masukan kode OTP
Daftar
No. Handphone Kamu
Email kamu
Nama Kamu
Buat akun
Masukan Password
Daftar
Masukan kode OTP
Daftar
dengan mendaftar, saya menyetujui Syarat dan Ketentuan juga Kebijakan Privasi di Gudang Furniture
Menu Utama
Atur Ulang kata sandi kamu disini
Masukkan e-mail atau nomor HP yang terdaftar. Kami akan mengirimkan kode verifikasi untuk atur ulang kata sandi.
Sub Kategori
Artikel
Ini Lho, Cara Ciptakan “Friendship Goals” di Kantor
di posting 2019-05-14

Tak selamanya relasi di kantor berkaitan dengan perihal sikut-sikutan. Anda juga bisa menemukan sahabat dan rekan terbaik di kantor, lho! Gudang Furniture punya beberapa tips ampuhnya.

Kata orang, relasi di ruang lingkup pekerjaan itu kejam, dipenuhi dengan orang-orang yang hanya mementingkan dirinya sendiri demi perkembangan karirnya masing-masing. Banyak orang yang bermuka dua, banyak juga orang yang rajin menebar racun di dalam kantor, sehingga menghambat produktivitas kita saat bekerja.

Eits, jangan lupa! Setiap manusia memiliki beragam karakter dan kepribadian berbeda, tergantung pada latar belakang, kisah hidup, hingga cara didikan keluarganya masing-masing.

Oleh karena itu, tak semua kehidupan sosial di kantor memiliki “drama” semacam itu. Banyak orang yang memiliki kepribadian positif di area kantor, dan hal itu akan menular pada rekan kantor lainnya, bukan?

Pic Source : Freepik.com

 

Alhasil, relasi baik antar rekan kantor akan menghasilkan lingkungan kerja yang sehat, bukan? Seperti efek domino, hal positif ini akan berdampak pada produktivitas kerja yang kian meningkat pula.

Dikutip dari Kompas.com, seorang Profesor Human Resource and Management Rutgers University, Jessica Methot, mengungkapkan bahwa pertemanan dalam dunia kerja bisa meningkatkan rasa memiliki terhadap pekerjaansikap di kantor yang lebih baik, serta meningkatkan kepuasan bekerja.

Bahkan, sebuah penelitian dalam Harvard Business Review menemukan bahwa persahabatan antar rekan kerja pun bisa meningkatkan kebahagiaan karyawan, hingga bisa meningkatkan kinerja karyawan.

Pic Source : Freepik.com

 

Sayangnya, banyak orang yang masih kurang tepat menerapkan relasi pertemanan ini di dalam area kantor.

Konsep “teman” seperti ini yang mungkin saja menimbulkan hal-hal negatif yang akan memperburuk suasana kerja, mulai dari munculnya “geng” yang berkelompok dan membuat orang lain tersisihkan, hingga kemungkinan bermusuhan yang akan merusak relasi pertemanan.

Lantas, bagaimana cara menciptakan friendship goals yang tepat di area kantor?

1. Menjadi Diri Sendiri

 

Pic Source : Freepik.com

 

Dalam dunia pertemanan, khususnya dalam area kantor, tak ada yang salah untuk memperlihatkan jati diri kita sendiri, lho! Pasalnya, dalam pertemanan, tak butuh “topeng” yang akan menutupi kepribadian kita sebenarnya, bukan?

Hal ini pun akan berpengaruh pada pekerjaan kita. Jika terlalu banyak menutupi kepribadian diri kita sendiri, maka kita akan merasa terkekang dengan “topeng” yang kita buat sendiri, bukan? Lagipula, bukankah lebih baik berteman dengan orang-orang yang mengenal kita apa adanya?

2. Hindari Pembicaraan Negatif

 

Pic Source : Freepik.com

 

Percayalah, pembicaraan bertopik negatif tak akan membawa faedah apapun ke dalam kehidupan kita, terutama jika sudah menjadi kebiasaan. Alih-alih menyenangkan, pembicaraan seperti ini malah bisa memecah belah kerukunan lingkungan kerja, bukan?

Mulailah membiasakan diri membuka topik obrolan yang lebih positif dan berguna, baik dalam ruang lingkup pekerjaan atau pembicaraan santai sebagai selingan.

3. Menjadi Pendengar yang Baik

 

Pic Source : Freepik.com

 

Manusia tercipta dengan satu mulut dan dua telinga. Seharusnya, kita lebih banyak mendengar daripada berkomentar, bukan?

Dengan menjadi pendengar yang baik, relasi dengan rekan kerja pun akan lebih terjalin, bukan? Jagalah kepercayaan yang sulit didapat tersebut, dan buatlah lingkungan kerja Anda dipenuhi rasa nyaman, aman, dan percaya, ya!

4. Jika Ada Masalah, Selesaikan dengan Komunikasi yang Baik

 

Pic Source : Freepik.com

 

Tak ada satu pun manusia yang luput dari masalah, sebahagia apapun mereka, sesejahtera apapun mereka. Nah, oleh karena itu, komunikasi yang baik dengan nada bicara yang tenang sangat dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah.

5. Berteman dengan Siapa Saja

Pic Source : Freepik.com

 

Pertemanan bukanlah hal yang bisa ditentukan dari materi atau penampilan fisik. Makanya, alangkah lebih baik jika kita tidak pilih-pilih teman. Bersahabatlah dengan seluruh rekan kerja, tanpa memikirkan latar belakang ataupun hal-hal lainnya.

Jika kita berteman dengan siapa saja, maka kita akan mendapatkan banyak teman yang bisa dipercaya secara tulus, bukan?

***
Jadi, sudahkah Anda siap menciptakan friendship goals yang akan mendatangkan produktivitas pada area kerja Anda?

Jangan lupa, Anda juga bisa memfasilitasi area kantor Anda dengan furniture-furniture pembangkit produktivitas yang bisa Anda temui di website kami, Gudang Furniture, ya!

WhatsApp