Portfolio Kami

Lihat sekarang untuk ide kantor kamu
Artikel Menarik, klik disini
Konsultasi Gratis
untuk Hunian dan Kantor kamu, klik disini
Tertarik jualan di Gudang Furniture?
daftar jadi merchant kami, klik disini
Masukan kode OTP
Daftar
No. Handphone Kamu
Email kamu
Nama Kamu
Buat akun
Masukan Password
Daftar
Masukan kode OTP
Daftar
dengan mendaftar, saya menyetujui Syarat dan Ketentuan juga Kebijakan Privasi di Gudang Furniture
Menu Utama
Atur Ulang kata sandi kamu disini
Masukkan e-mail atau nomor HP yang terdaftar. Kami akan mengirimkan kode verifikasi untuk atur ulang kata sandi.
Sub Kategori
Artikel
Geger Virus Corona Masuk Indonesia, Lakukan 7 Langkah Pencegahan Berikut!
di posting 2020-03-03

Wabah virus Corona atau COVID-19 memang bikin merinding, terlebih setelah beredar berita gempar mengenai 2 warga Indonesia yang positif terjangkit virus Corona. Tetap waspada dengan melakukan 7 langkah yang telah dirangkum oleh Gudang Furniture berikut, yuk!

Pagi ini, notifikasi dari portal-portal berita online berhasil menggemparkan seantero masyarakat Indonesia. Dua warga Indonesia—yang disinyalir tinggal di daerah Depok, Jawa Barat—ditemukan positif terjangkit wabah Corona yang berasal dari Wuhan, atau biasa disebut COVID-19. Kedua pasien ini merupakan seorang ibu berusia 64 tahun dan anaknya yang berusia 31 tahun.

Dilansir dari Kompas.com, awalnya sang anak lah yang terjangkit wabah Corona ini terlebih dahulu. Hal ini diakibatkan oleh kontak langsung sang anak dengan seorang WNA Jepang berdomisili Malaysia, yang ternyata terdeteksi terkena wabah Corona. Alhasil, sang anak pun menularkan virus ini pada sang ibu.

Tak heran, hal ini menggegerkan warga Jabodetabek dan sekitarnya. Hal ini terlihat dengan merebaknya beragam informasi—baik itu yang merupakan fakta ataupun hoaks—melalui groupchat di aplikasi Whatsapp, unggahan di media sosial, dan berbagai platform lainnya. Benda-benda “pencegahan” seperti masker dan hand sanitizer mendadak habis di pasaran, karena semua orang merasa panik dengan wabah tersebut.

Yuk tetap berpikir tenang dan hilangkan rasa panik dalam benak Anda. Dirangkum dari beberapa sumber, Gudang Furniture akan menguraikan beberapa langkah pencegahan yang bisa kita lakukan untuk menjadi perisai dari wabah penyakit Corona ini. Apa saja?

1. JAUHKAN DIRI DARI BATUK DAN BERSIN ORANG LAIN

Virus Corona ini bisa menyebar dengan berbagai cara, salah satunya adalah melalui tetesan air liur yang masuk ke mata, mulut, ataupun hidung kita. Oleh karena itu, tak ada salahnya bila kita menjauhkan diri ketika seseorang batuk dan bersin. Untuk keamanan, Anda bisa memakai masker, atau memilih untuk memberikan masker tersebut pada sang penderita batuk atau bersin.

2. HENTIKAN KEBIASAAN MEMEGANG WAJAH

Bisa saja, secara tak sadar kita luput mencuci tangan, padahal kita sudah memegang benda-benda yang—bisa saja—terkontaminasi oleh berbagai jenis virus dan bakteri. Jika sudah seperti itu, hindari kebiasaan memegang wajah, khususnya bagian mata, hidung, dan mulut, untuk mencegah penularan virus—baik itu virus Corona ataupun virus penyakit lainnya.

3. UPAYAKAN MENCUCI TANGAN DENGAN CARA YANG TEPAT

Tak jarang orang mencuci tangan dengan asal-asalan, padahal tangannya masih penuh oleh bakteri, kuman, dan virus yang menempel dari benda-benda yang telah disentuh sebelumnya. Biasakan untuk mencuci tangan dengan langkah yang tepat.

Pertama, cuci tanganlah dengan air yang mengalir, disertai sabun antiseptik yang bisa membunuh virus, bakteri, dan kuman penyebab penyakit. Cuci seluruh bagian dari tangan—mulai dari sela-sela jari, bagian bawah kuku, telapak tangan, sampai area siku. Pastikan semuanya bersih dan tidak ada yang terlewat sama sekali.

Sebisa mungkin, cuci tangan Anda serajin mungkin di saat akan makan, ataupun sesampainya Anda di rumah, setelah mengalami perjalanan panjang dari kantor tempat Anda bekerja.

4. HINDARI KEBIASAAN MAKAN DAN MINUM DENGAN PERANGKAT YANG SAMA

Mulai hindari kebiasaan makan dan minum dengan perangkat yang sama—baik itu dari gelas, piring, sedotan, ataupun sendok yang sama. Penularan virus penyakit sangat mudah terjadi karena kebiasaan tersebut, terlebih lagi virus yang penyebarannya sangat cepat seperti virus Corona ini.

5. TETAP MEMPERKUAT DAYA TAHAN TUBUH

Daya tahan tubuh yang kuat akan menjadi penangkal ampuh bagi penyakit apapun, tak terkecuali pada wabah Corona ini. Usahakan untuk selalu memperkuat daya tahan tubuh dengan selalu makan asupan yang bergizi, minum air putih secukupnya, disertai tambahan suplemen tubuh yang sesuai bagi Anda dan keluarga. Hindari juga hal-hal yang bisa membuat daya tahan tubuh menurun seperti begadang dan merokok.

6. USAHAKAN HINDARI KONSUMSI DAGING MENTAH

Jika Anda adalah penyuka makanan mentah, lebih baik hindari dulu konsumsi daging seperti ini. Pastikan bahwa masakan yang Anda makan—khususnya daging—termasak dengan baik, matang, dan bersih. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari kemungkinan virus COVID-19 termakan dan masuk ke dalam tubuh kita.

7. RAJIN MEMBERSIHKAN AREA RUMAH DENGAN CAIRAN DISINFEKTAN

Tahukah Anda bahwa virus Corona bisa bertahan menempel selama 5 menit hingga 9 hari di permukaan sebuah benda mati? Hal ini berlaku untuk virus Corona SARS dan MERS yang sempat mewabah beberapa tahun lalu. Namun, memang hal ini belum merujuk pada virus Corona yang berasal dari Wuhan dan bertipe COVID-19 ini.

Namun, alangkah baiknya bila kita rajin membersihkan area rumah dengan cairan disinfektan, bukan? Hal ini tak hanya berlaku pada lantai, tetapi juga pada benda-benda yang digenggam setiap hari, seperti railing tangga, gagang pintu, ataupun remote televisi.

Anda bisa mengintip caranya membersihkan area rumah secara tepat di artikel ini.

***

Yang terpenting, kita semua tetap tenang, namun tetap waspada dan menjaga kebersihan, ya! Semoga informasi dari Gudang Furniture ini berguna dan menginspirasi. Stay safe, stay healthy!

WhatsApp