Portfolio Kami

Lihat sekarang untuk ide kantor kamu
Artikel Menarik, klik disini
Konsultasi Gratis
untuk Hunian dan Kantor kamu, klik disini
Tertarik jualan di Gudang Furniture?
daftar jadi merchant kami, klik disini
Masukan kode OTP
Daftar
No. Handphone Kamu
Email kamu
Nama Kamu
Buat akun
Masukan Password
Daftar
Masukan kode OTP
Daftar
dengan mendaftar, saya menyetujui Syarat dan Ketentuan juga Kebijakan Privasi di Gudang Furniture
Menu Utama
Atur Ulang kata sandi kamu disini
Masukkan e-mail atau nomor HP yang terdaftar. Kami akan mengirimkan kode verifikasi untuk atur ulang kata sandi.
Sub Kategori
Artikel
Kenali 6 Jenis Bahan Alami “Serba Bisa” untuk Bersihkan Furniture
di posting 2019-05-23

Dengan menggunakan bahan alami sebagai “alat perang” untuk bersih-bersih, Anda bisa membantu “menghijaukan” lingkungan Anda, lho! Gudang Furniture akan menguraikannya satu per satu, nih!

Di pertengahan bulan Ramadan, banyak orang yang sudah mempersiapkan tampilan huniannya secara maksimal. Ada yang merenovasi rumah, ada pula yang menghiasnya dengan dekorasi-dekorasi pemikat mata.

Nah, satu hal yang pasti dilakukan oleh para pemilik hunian adalah bersih-bersih seluruh “isi” huniannya agar tampak kinclong, bukan?

 

Sayangnya, busa sabun cuci sebagai residu dari kegiatan bersih-bersih ini menimbulkan limbah yang akan mempengaruhi kualitas air tanah. Pasalnya, kebanyakan dari detergen memiliki kandungan senyawa turunan minyak bumi yang beracun, menyebabkan penyakit, dan sulit diuraikan.

Sebagai respon dari kasus lingkungan yang kian kental dan kritis ini, banyak penggiat lingkungan menyarankan agar para pelaku rumah tangga beralih memakai bahan-bahan alami yang jauh lebih ramah lingkungan.

Apa saja “keluarga” bahan alami yang bisa Anda gunakan?

1. Minyak Zaitun / Olive Oil

 

Manfaat dari minyak zaitun memang tak bisa diragukan lagi, salah satunya untuk merawat furniture kayu, khususnya yang terbuat dari kayu solid. Pasalnya, minyak zaitun merupakan bahan alami yang bisa meresap ke dalam pori-pori kayu, tanpa merusak furniture tersebut.

Caranya mudah. Gunakan kain microfiber yang telah diberikan minyak zaitun, lantas oleskan secara lembut, hingga minyak meresap ke dalam pori-pori kayu.


2. Mineral Oil

 

Mineral oil memiliki karakteristik tekstur yang bening, tidak berbau, dan tidak mudah teroksidasi, sehingga cocok digunakan untuk mengilapkan furniture kayu. Bahkan, selain berguna untuk melembabkan, Anda juga bisa menggunakannya untuk mengangkat kotoran dari permukaan furniture kayu.

Oleskan beberapa tetes mineral oil ini menggunakan spons atau kain microfiber. Lakukan selama 2 hingga 3 kali pengolesan untuk hasil yang maksimal.

3. Petroleum Jelly

 

Petroleum jelly ini memiliki fungsi yang serupa dengan mineral oil, hanya saja, bentuknya berupa gel, sehingga harus dilarutkan dengan air bila Anda ingin menggunakannya. Kegunaannya pun serupa, yakni untuk mengilapkan furniture sekaligus mengangkat kotoran membandel dari permukaan kayu.

4. Pasta Gigi

 

Tak hanya untuk menjaga kesehatan gigi, pasta gigi juga ternyata bisa digunakan untuk membersihkan berbagai benda dalam rumah, mulai dari mengangkat kotoran dari sepatu, membersihkan kembali setrika, hingga menghapuskan noda di dinding.

Cara menggunakannya serupa dengan cara Anda menggosok gigi. Anda bisa menggunakan sikat bekas untuk melakukannya. Usahakan agar Anda memilih pasta gigi yang tidak mengandung gel, ya!

5. Mayonaise

 

Mayonaise merupakan salah satu bahan tambahan untuk menyedapkan rasa makanan. Namun, tak hanya sedap, ternyata mayonaise bisa membantu Anda membersihkan furniture kayu dari noda-noda membandel.

Caranya sangatlah mudah. Anda bisa mengoleskan setitik mayonaise pada noda, lalu oleskan secara perlahan hingga noda menghilang. Seperti sebuah penghapus, ya?


6. Jeruk Nipis

 

Kandungan asamnya yang kental membuat jeruk nipis cocok digunakan sebagai bahan pembersih alami. Anda bisa menggunakannya untuk membersihkan bahan metal berkarat, Anda bisa pula menggunakannya untuk membersihkan noda dari furniture kayu dengan mudah, lho!

***

Menjadi sahabat lingkungan itu bukanlah pilihan, tetapi keharusan, karena bumi menunggu untuk dijaga, bukan hanya untuk dipenuh-sesaki, tanpa disayang sama sekali.

Semoga menginspirasi, ya!

WhatsApp