Portfolio Kami

Lihat sekarang untuk ide kantor kamu
Artikel Menarik, klik disini
Konsultasi Gratis
untuk Hunian dan Kantor kamu, klik disini
Tertarik jualan di Gudang Furniture?
daftar jadi merchant kami, klik disini
Masukan kode OTP
Daftar
No. Handphone Kamu
Email kamu
Nama Kamu
Buat akun
Masukan Password
Daftar
Masukan kode OTP
Daftar
dengan mendaftar, saya menyetujui Syarat dan Ketentuan juga Kebijakan Privasi di Gudang Furniture
Menu Utama
Atur Ulang kata sandi kamu disini
Masukkan e-mail atau nomor HP yang terdaftar. Kami akan mengirimkan kode verifikasi untuk atur ulang kata sandi.
Sub Kategori
Artikel
Tips Merawat Sofa Kulit Sintetis Agar Kinclong Terus
di posting 2020-09-10

Sofa merupakan salah satu furnitur penting dalam suatu ruangan. Sofa berfungsi sebagai tempat duduk menerima tamu atau hanya sebagai tempat duduk santai bersama keluarga. Sofa kulit memang memberikan sentuhan elegan pada dekorasi ruangan. Tapi, tahukah kamu jika sofa dengan material kulit memerlukan perawatan khusus untuk menjaga kualitas kulit. Kamu tidak bisa membersihkannya hanya dengan menggunakan lap basah saja.

Cara membersihkan sofa kulit yang salah dapat merusak sofa, seperti penggunaan deterjen dan pembersih dengan bahan dasar amonia juga harus dihindari. Meskipun sofa dengan material kulit tergolong lebih kuat dan tahan lama, namun perawatannya harus benar-benar dijaga.

Cara membersihkan sofa kulit sintetis dapat dilakukan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di rumah kamu. Merawat sofa kulit sintetis tidak sesulit merawat sofa kulit asli. Bahan yang satu ini cenderung lebih tahan terhadap air dan paparan sinar matahari. Namun daya tahanya tentu tidak akan selama sofa kulit asli. Berikut Gudang Furniture akan kasih tips langkah-langkah cara membersihkan sofa bahan sintetis.

 

1.   Membersihkan Debu Menempel

source : www.pinterest.com

Debu sering kali muncul diberbagai tempat, termasuk di sofa kesayangan kamu. Untuk membersihkannya pada sofa berbahan sintetis sangat mudah, kamu cukup dengan mengelap dengan kain kering maupun dengan kemoceng, hindari lap basah karena bisa merusak kualitas sofa dalam jangka panjang.

 

2.   Membersihkan Noda Membandel

source : www.pinterest.com

Jika terdapat noda-noda yang sulit untuk dihilangkan pada sofa, cukup gunakan lap kering atau lap lembab dan cuka. Campuran dengan perbandingan  3 : 1 untuk cuka dengan air. Setelah campuran siap, gunakan lap kering untuk menggosokan campuran tersebut pada sofa di area yang terkena noda membandel. Gosok hingga noda terangkat sampai terlihat bersih. Biasanya setelah dibersihkan dengan cuka, maka ruangan menjadi bau hal ini bisa diatasi dengan menggunakan baking soda. Kamu bisa menggunakan cara menyebarkan baking soda pada permukaan sofa. Pertama-tama sebarkan baking soda sedikit ke sofa. Perhatikan dalam waktu 5 menit, apakah sofa kamu mengalami perubahan warna atau tidak. Jika tidak, maka Anda dapat menyebarkan baking soda tersebut seluruh permukaan sofa. Biarkan beberapa jam supaya bau menghilang seluruhnya. Setelah itu baking soda dapat dibersihkan dengan menggunakan vacum cleaner.

 

3.   Menjaga Kelembaban Sofa

source : www.pinterest.com

Letakkan sofa di dalam ruangan atau tempat yang teduh dan terhindar matahari langsung. Jangan biarkan ada noda di sofa dan menempel terlalu lama. Karena noda yang mengering akan sulit untuk dibersihkan dan membekas pada sofa. Untuk menjaga tampilan sofa kulit sintetis ini, ada baiknya menggunakan pelembab sofa kulit untuk menjaga kelembaban permukaan sofa. Selain itu pelembab juga dapat mempertahankan warna sofa serta menjaga kelenturanbahan kulit sintesis yang membuatnya tidak akan mudah mengalami kerutan dan pecah-pecah. Lakukan perawatan secara teratur minimal seminggu sekali.

 

4.   Keringkan Sofa

source : www.shutterstock.com

Setelah sofa selesai dibersihkan, jangan lupa untuk mengeringkannya. Hal ini bisa dilakukan dengan menunggu sofa hingga kering atau juga dengan menggunakan alat pengering. Langkah selanjutnya kamu dapat meletakkan sofa bahan kulit sintetis ini di ruang yang teduh agar terhindar dari paparan sinar matahari langsung. Jika sofa terkena sinar matahari terlalu lama sofa akan panas. Akibatnya permukaan sofa akan mudah retak dan pecah karena sifat sofa bahan kulit sintetis yang tidak menyerap panas.

***

Begitulah tips membersihkan sofa kulit sintetis, sebetulnya sofa kulit sintetis ini cenderung lebih mudah dalam perawatannya. Hal ini dikarenakan bahan kulit sintetis tidak memiliki serat. Semoga bermanfaat untuk Teman Gudang, jangan lupa share tulisan ini jika bermanfaat.

 

 

WhatsApp