Portfolio Kami

Lihat sekarang untuk ide kantor kamu
Artikel Menarik, klik disini
Konsultasi Gratis
untuk Hunian dan Kantor kamu, klik disini
Tertarik jualan di Gudang Furniture?
daftar jadi merchant kami, klik disini
Masukan kode OTP
Daftar
No. Handphone Kamu
Email kamu
Nama Kamu
Buat akun
Masukan Password
Daftar
Masukan kode OTP
Daftar
dengan mendaftar, saya menyetujui Syarat dan Ketentuan juga Kebijakan Privasi di Gudang Furniture
Menu Utama
Atur Ulang kata sandi kamu disini
Masukkan e-mail atau nomor HP yang terdaftar. Kami akan mengirimkan kode verifikasi untuk atur ulang kata sandi.
Sub Kategori
Artikel
5 Contoh Desain Rumah Minimalis Terunik di Dunia, Bikin Tercengang Melihatnya
di posting 2020-02-26

Desain rumah minimalis masih menjadi primadona di kalangan masyarakat, terutama, setelah internet mudah diakses. Yuk intip beberapa rekomendasi desain rumah minimalis unik dan keren yang dirangkum Gudang Furniture, siapa tahu bisa menjadi inspirasimu!

Seperti apakah desain rumah impianmu?

Mungkin, desain minimalis menjadi salah satu istilah yang akan dilontarkan oleh kebanyakan orang. Tak heran, sejak desain rumah minimalis menjamur di media massa, serta menjadi hal utama yang digadang-gadangkan penjual furniture dan properti, banyak orang bermimpi untuk mempunyai rumah berdesain minimalis.

Banyak di antara masyarakat awam yang mengira bahwa desain rumah minimalis merupakan desain yang “seadanya”—dengan bentuk yang simpel dan sederhana. Padahal, alih-alih “seadanya”, konsep desain minimalis sebenarnya sangatlah kompleks dan rumit.

Pasalnya, dengan bentuk desain yang sederhana, rumah minimalis harus bisa bersifat fungsional, seperti slogannya—less is more, dan form follows function. Jangan sampai, bentuk desain simpel mengganggu fungsi dan kelancaran aktivitas dalam sebuah rumah.

Ingin melihat rekomendasi contoh desain rumah minimalis yang tetap bisa memenuhi fungsi secara maksimal? Berikut adalah beberapa contoh yang telah kami rangkum sebagai bahan referensimu.

1.  Conan Play House, Bangdong; Arsitek : Moon Hoon

Pic Source : Archdaily.com
Pic Source : Archdaily.com
Pic Source : Archdaily.com


Bentuk rumah minimalis yang unik membuat Conan Play House yang terletak di Bangdong, Korea Selatan ini menjadi salah satu pusat perhatian para arsitek dunia. Pasalnya, bentuk rumah minimalis yang didominasi oleh warna putih dan material kayu ini bertingkat dan berundak-undak, dengan 6 tingkatan lantai, dengan permainan mezanin.

Tak hanya itu, Conan Play House ini juga memiliki konsep minimalis yang sangat kental dalam penerapan furniture yang serba polos, tidak ramai, namun tetap terlihat playful.


2. Stacked House, Kanada; Arsitek : Naturehumaine

Pic Source : Archdaily.com
Pic Source : Archdaily.com
Pic Source : Archdaily.com
Pic Source : Archdaily.com

 

Bentuk stacked atau bertumpuk merupakan salah satu konsep utama dari rumah minimalis ini. Dengan 4 tingkatan lantai yang simetris, arsitektur rumah ini sangatlah modern, tanpa ornamen yang terlalu ramai di bagian eksterior ataupun interior.

Permainan perbedaan ketinggian lantai lah yang menjadi pemisah antar ruang, sehingga tak dibutuhkan dinding yang terlalu banyak untuk menyekat zona aktivitas dalam rumah minimalis unik ini.

Sedangkan untuk penerapan furniture, pada Stacked House ini, sang desainer menerapkan furniture-furniture built in (tanam) untuk area simpannya, serta furniture loose yang berbentuk modern dan minimalis. Warna-warna yang digunakan pun warna monokrom yang ramah di mata, namun tetap ditambahkan warna merah sebagai focal point pada area dapur.

Alhasil, konsep desain minimalis ini membuat rumah ini tampak fungsional dan sangat menarik pula, bukan?


3. Slide House, Jepang; Arsitek : LEVEL Architects

Pic Source : Archdaily.com
Pic Source : Archdaily.com
Pic Source : Archdaily.com
Pic Source : Archdaily.com

 

Siapa sih yang tak suka permainan seluncuran atau perosotan? Ya, perosotan merupakan salah satu jenis permainan yang difavoritkan anak-anak di taman bermain. Namun, apa jadinya jika perosotan menjadi salah satu elemen penting dari sebuah bangunan rumah?

Kamu akan menemukan hal unik ini dalam Slide House, salah satu rumah minimalis terunik yang ada di Jepang. Perosotan tersebut merupakan sarana penghubung antara satu lantai ke lantai yang lain; satu ruang ke ruang yang lain.

Selain itu, setiap interiornya memiliki furniture dengan desain yang sangat minimalis, modern, dan fungsional, seperti pada area baca—yang menggunakan lemari berdesain simpel—hingga ruang keluarga.


4. Keret House, Warsawa; Arsitek : Jakub Szczesny

Pic Source : Archdaily.com
Pic Source : Archdaily.com
Pic Source : Archdaily.com
Pic Source : Archdaily.com

 

Rumah yang terletak di Warsawa ini memang didaulat sebagai rumah paling tipis di dunia. Uniknya lagi, rumah minimalis dan modern ini merupakan rumah yang berada di tengah-tengah bangunan, sehingga memanfaatkan lahan sisa di antara gedung. Lebarnya saja hanya 122cm—kurang dari 2 meter, lho! Tipis sekali, bukan?

Otomatis, furniture yang mengisinya pun haruslah minimalis, dengan bentuk yang compact, serta dapat memenuhi kebutuhan atau fungsi furniture secara maksimal. Alhasil, furniture yang diterapkan pun merupakan furniture built in yang disesuaikan dengan dimensi ruang. Makin minimalis, makin fungsional, maka rumah tersebut akan memiliki peran yang semakin maksimal bagi para penggunanya, bukan?


5. Tiny Teahouse, Portland, US; Arsitek : Pietro Belluschi

Pic Source : Itinyhouse.com
Pic Source : Itinyhouse.com
Pic Source : Itinyhouse.com

 

Siapa bilang rumah minimalis tak bisa bersifat hangat dan akrab? Jika masih meragukannya, maka bisa jadi, Readers harus mengintip interior apik dari Tiny Teahouse karya Pietro Belluschi ini. Tampilan eksteriornya saja begitu membumi—menggabungkan konsep minimalis khas Jepang dengan gaya interior Scandinavian. Padanan antara warna abu dengan material kayu pun menjadi salah satu hal yang membuat rumah ini terlihat nyaman secara visual.

Tak hanya bagian eksteriornya, ruangan dalam bangunan rumah mungil ini memiliki interior serba kayu yang sangat minimalis, compact, namun tetap terkesan nyaman. Setiap furniturenya tidak memiliki ornamen yang berlebihan. Semua fungsional, simpel, namun tetap ergonomis.

***
Jadi, apakah ada rumah minimalis keren yang menginspirasimu dalam membangun dan menata rumah? Jangan lupa, kalau kamu mencari furniture sebagai pengisi rumahmu, bisa intip di Gudang Furniture, ya!

Semoga informasinya bermanfaat.

WhatsApp