5 Jurus Anti Lupa, Kunci Utama Biar Tambah Produktif Bekerja

Pic Source : Pixabay.com

Sering merasakan “pikun” mendadak tentang jadwal pekerjaan atau tugas-tugas yang harus Anda selesaikan? Bisa jadi, hal ini menghambat produktivitas Anda. Hadapi dengan jurus-jurus jitu dari Gudang Furniture berikut, yuk!

Di sebuah ruang kantor yang padat, tepatnya di area meja kerja yang cukup berantakan, seorang perempuan memasang mimik kebingungan seperti orang linglung. Ia baru saja ditegur atasannya karena banyak pekerjaan yang ia lewatkan, karena ia lupa mengerjakannya.

Entah kenapa, ingatan perihal instruksi dari atasannya tersebut terlewati begitu saja, sehingga ia merasa “pikun” mendadak, padahal umurnya belum menginjak kepala tiga.

Tentu saja, hal ini membuat sang perempuan tersebut menjadi kurang produktif dan menghambat perkembangan karirnya, bukan?

Pada dasarnya, terdapat beberapa orang yang memiliki kemampuan mengingat yang sangat luar biasa, namun ada pula orang-orang dengan kemampuan otak yang agak lemah dalam menyimpan memori dalam jangka panjang.

Selain itu, beberapa penyakit—seperti Alzheimer, migrain, dan hipotiroid—bisa menyebabkan kepikunan. Tak hanya itu, depresi dan tekanan juga bisa membuat seseorang mudah lupa, lho!

Tak perlu khawatir, terdapat beberapa hal yang dapat membuat Anda terbebas dari gangguan “pelupa” yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Apa saja?

1. Makan Menu Sehat dan Bergizi
Usahakan agar selalu menyantap makanan yang sehat dan bergizi, khususnya asupan makanan yang bisa meningkatkan daya ingat dan kemampuan otak Anda, seperti salmon, alpukat, buah berry, hingga bayam yang kaya akan antioksidan.

Jangan sampai Anda juga melewatkan asupan air putih setiap hari, minimal 8 gelas per hari, yang dapat memperlancar peredaran darah ke otak dan meluruhkan zat-zat kotor yang bisa membuat laju darah ke otak terasa terhambat.

2.  Cukupkan Waktu Tidur
Tahukah Anda, bahwa waktu tidur yang kurang bisa mengganggu daya ingat Anda? Pasalnya, ketika tidur, area otak yang lebih dalam yang melibatkan respon memori dan emosional justru menjadi aktif. Bahkan, jika Anda kurang tidur atau mengalami gangguan saat tidur, bisa jadi Anda mengalami gangguan memori dan emosi sekaligus.

3. Relaksasikan Otak dan Hati Dengan Meditasi
Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa seseorang bisa jadi mudah lupa karena tengah berada dalam tekanan dan depresi. Oleh karena itu, relaksasi otak dan hati sangatlah penting untuk menjaga kesehatan otak dan daya ingat Anda. Tak hanya untuk menjaga mood, meditasi juga bisa memperlancar laju oksigen dalam darah ke otak Anda, lho!

4. Rajin Membaca Buku
Buku adalah jendela dunia, siapa yang setuju? Tak hanya sebagai alat untuk menambah wawasan, ternyata dengan membaca, Anda melatih otak Anda untuk terasah, khususnya untuk daya ingat dan daya imajinasi, yang tentu saja meningkatkan produktivitas Anda.

5. Usahakan Membuat Catatan Kecil
Bila Anda merupakan orang yang susah mengingat dan mudah lupa, ada baiknya bila Anda mulai melatih otak Anda dengan membuat catatan-catatan pengingat berupa kertas-kertas kecil yang ditempel di dekat area kerja Anda. Pasalnya, benda-benda kecil ini merupakan salah satu alat “penitipan” memori Anda.

***

Jadi, sudah siapkah Anda menghadang penyakit pelupa dengan jurus-jurus jitu ini? Yuk praktekkan tips tersebut agar Anda bisa kembali produktif bekerja, seperti apa yang dilakukan tim Gudang Furniture setiap hari. Selamat mencoba!


Tags :

Recent Posts

Categories