Portfolio Kami

Lihat sekarang untuk ide kantor kamu
Artikel Menarik, klik disini
Konsultasi Gratis
untuk Hunian dan Kantor kamu, klik disini
Tertarik jualan di Gudang Furniture?
daftar jadi merchant kami, klik disini
Masukan kode OTP
Daftar
No. Handphone Kamu
Email kamu
Nama Kamu
Buat akun
Masukan Password
Daftar
Masukan kode OTP
Daftar
dengan mendaftar, saya menyetujui Syarat dan Ketentuan juga Kebijakan Privasi di Gudang Furniture
Menu Utama
Atur Ulang kata sandi kamu disini
Masukkan e-mail atau nomor HP yang terdaftar. Kami akan mengirimkan kode verifikasi untuk atur ulang kata sandi.
Sub Kategori
Artikel
Bekerja Di Rumah Bisa Tetap Produktif, Terapkan Beberapa Cara dan Tips Berikut!
di posting 2020-03-22

Sejak penyebaran wabah Corona COVID-19 makin luas di tanah air, banyak perusahaan yang memberlakukan proses bekerja dari rumah atau dikenal dengan istilah “work from home” (WFH). Akankah bisa tetap produktif? Intip tips seru dari Gudang Furniture berikut, yuk!

Istilah “work from home” (WFH) atau bekerja di rumah memang tengah menjadi trending topic di mana-mana selama seminggu terakhir ini. Himbauan untuk melakukan WFH ini bahkan langsung dilontarkan oleh Presiden Joko Widodo, sebagai reaksinya terhadap wabah Corona COVID-19 yang semakin menyebar ke seluruh tanah air.

Ada yang biasa, pun ada juga yang merasa kesulitan melakukan WFH ini. Mungkin, bagi sebagian kalangan pekerja lepas—yang tidak terikat jam kerja di kantor—konsep WFH merupakan bagian dari kehidupan mereka sehari-hari.

Salah satu contohnya adalah Kania, seorang entrepreneur muda yang memiliki usaha di bidang fashion khusus bayi. “Setiap hari, sih, saya memang bekerja dari rumah, jadi nggak heran sama konsep work from home dan social distancing,” ujarnya.

Namun, sebaliknya, hal ini terasa berat bagi Putra, seorang pekerja kantoran di bidang administrasi yang terbiasa mengerjakan segala sesuatunya di kantor. “Bagi saya, bekerja di rumah itu banyak tantangannya; mulai dari gangguan dari anak-anak, dan bahkan tantangan untuk tetap konsisten karena tidak ada yang mengawasi saya bekerja,” ungkapnya sambil menghela nafas.

Sebenarnya, jika dijalani dengan tepat, dan dengan cara yang sesuai karakter setiap masing-masing individu, konsep WFH atau bekerja di rumah ini bisa tetap mendatangkan produktivitas, kok!

Hal inilah yang juga dirasakan oleh Diky, seorang business manager di perusahaan media ternama. “Ternyata, WFH bisa membuat saya lebih produktif, karena nggak ada distraksi dari teman-teman kantor, ataupun hal lain yang membuat konsentrasi saya gampang buyar,” jelas Diky.

Lantas, bagaimana ya caranya agar konsep WFH atau bekerja di rumah ini tetap bisa membuat produktif? Intip tips dari Gudang Furniture berikut ini, yuk!

1. SIAPKAN AREA KERJA YANG COCOK

Banyak orang yang merasa konsep WFH ini terasa sulit karena lokasi mereka bekerja tidak mendukung produktivitas. Ada yang bekerja di kasur, sehingga berakhir dengan tertidur; ataupun bekerja di depan televisi, sehingga berakhir dengan menonton acara gosip tanpa henti.

Seperti apapun kondisi rumah Anda, pasti Anda memiliki satu spot yang cocok untuk bekerja. Siapkan pula furniture atau aksesori interior yang tepat, sesederhana menyiapkan bantal duduk atau bean bag untuk lesehan, serta meja laptop lipat yang nyaman. Anda juga bisa mendapatkan furniture penunjang kerja ini di website Gudang Furniture, lho!

Selain furniture, ada baiknya Anda tetap memperhatikan pencahayaan area kerja ini. Tempatkan area kerja sementara ini di sebelah jendela, ataupun taruh lampu meja untuk menerangi area kerja tersebut. Pastikan Anda tetap nyaman bekerja, ya!

2. JIKA BISA, UNDUH APLIKASI VIDEO CALL MASSAL UNTUK TIM KERJA

Salah satu hal yang ditakutkan dari konsep WFH ini adalah berkurangnya produktivitas karena tiadanya pengawasan dari tim kerja lainnya. Selain itu, komunikasi antar rekan kerja pun mungkin terganggu akibat jarak yang menghadang.

Oleh karena itu, ada baiknya Anda dan tim kerja Anda mengunduh aplikasi video call massal yang bisa Anda dapatkan dalam smartphone. Hal ini bisa memungkinkan Anda untuk meeting pekerjaan, dan juga melakukan report dan absensi dalam saat yang bersamaan. Lebih jauhnya, hal ini pun bisa “mempersempit” jarak yang ada, sehingga Anda komunikasi Anda dan tim kerja Anda tetap lancar, bukan?

Pastikan juga sinyal di rumah Anda bagus dan kuat untuk melakukan video call ini, ya!

3. SEDIAKAN PERBEKALAN CAMILAN FAVORIT

Adakah yang terbiasa bekerja sambil mengonsumsi kudapan favorit? Jika hal ini bisa membantu Anda menghimpun konsentrasi, Anda bisa menyediakan perbekalan camilan favorit terlebih dahulu, lho! Pilih camilan ringan yang tetap sehat dan bisa membantu Anda meningkatkan produktivitas ya!

Jika Anda terbiasa meminum kopi, teh, susu cokelat, atau minuman lain yang bisa membantu Anda meningkatkan mood bekerja, siapkan dulu minuman ini sebelum Anda bekerja, agar Anda bisa bekerja dengan lebih maksimal, ya!

4. BAGI YANG TELAH MEMILIKI ANAK, BUATKAN AKTIVITAS BERMAIN UNTUK SI KECIL

Salah satu tantangan bagi seorang pekerja yang memiliki anak bayi atau balita yang sedang aktif-aktifnya, adalah pilihan antara mengajak anak bermain atau konsentrasi bekerja. Alhasil, waktu bekerja pun jadi terganggu, bukan?

Jika memang Anda bisa menitipkan si kecil pada anggota keluarga lainnya (yang masih berada dalam satu rumah), hal itu menjadi solusi terbaik bagi Anda. Namun, bagaimana jika Anda tak bisa menitipkan ke manapun?

Sebelum bekerja, Anda bisa membuatkan atau mempersiapkan aktivitas bermain yang sesuai dengan karakter si kecil; bisa dengan menyiapkan gambar-gambar yang siap diwarnai, balok-balok warna yang siap untuk disusun, ataupun kumpulan mainan lainnya sebagai bahan aktivitas bermain untuk si kecil.

5. SIAPKAN PLAYLIST MUSIK PENYEMANGAT BEKERJA

Sadarkah Anda, bahwa musik merupakan salah satu hal yang bisa membantu Anda meningkatkan mood bekerja? Sebelum bekerja, buatlah playlist favorit yang bisa membuat Anda semangat bekerja, atapun playlist lagu yang enak untuk dinyanyikan sembari bekerja. Bahkan, karena Anda bekerja di rumah sendiri, Anda bisa bekerja sambil berkaraoke kencang, tanpa harus merasa malu, kan?

6. SIAPKAN TUBUH YANG SEGAR DAN OUTFIT YANG NYAMAN

Jika banyak orang yang melakukan WFH dengan tubuh yang masih lesu, belum mandi, dan terasa tidak segar, kami menyarankan Anda untuk melakukan WFH dengan tubuh yang sudah fresh, menggunakan outfit ternyaman untuk bekerja, namun tetap terasa “pantas” untuk dikenakan saat akan melakukan video call dengan atasan, atau klien pekerjaan Anda.

Tubuh yang segar dan outfit yang nyaman ternyata bisa membuat Anda lebih produktif, lho!

***

Dengan tips ampuh di atas, Anda bisa tetap produktif meskipun harus bekerja dari rumah untuk sementara waktu. Semoga dengan bekerja dari rumah dan social distancing selama beberapa waktu, kita bisa mengurangi penyebaran wabah Corona COVID-19 ini, ya!

Intip juga tips mempertahankan diri dari wabah Corona COVID-19 tersebut dalam Youtube Channel Gudang Furniture Indonesia.

Stay safe, stay healthy, stay productive!

WhatsApp