Portfolio Kami

Lihat sekarang untuk ide kantor kamu
Artikel Menarik, klik disini
Konsultasi Gratis
untuk Hunian dan Kantor kamu, klik disini
Tertarik jualan di Gudang Furniture?
daftar jadi merchant kami, klik disini
Masukan kode OTP
Daftar
No. Handphone Kamu
Email kamu
Nama Kamu
Buat akun
Masukan Password
Daftar
Masukan kode OTP
Daftar
dengan mendaftar, saya menyetujui Syarat dan Ketentuan juga Kebijakan Privasi di Gudang Furniture
Menu Utama
Atur Ulang kata sandi kamu disini
Masukkan e-mail atau nomor HP yang terdaftar. Kami akan mengirimkan kode verifikasi untuk atur ulang kata sandi.
Sub Kategori
Artikel
Menangkan Penghargaan Academy Awards, Inilah 5 Keistimewaan Rumah Pada Film “Parasite”
di posting 2020-02-12

Tak hanya keunikan ceritanya yang membuat film peraih penghargaan Oscar ini istimewa, desain latar dari film “Parasite” pun sangatlah memukau. Seperti apa, ya? Intip ulasan Gudang Furniture berikut, yuk!

Pada Senin (10/2) kemarin, perhatian seisi dunia seakan terpusat pada film berjudul “Parasite” ini. Pasalnya, film asal Korea Selatan ini berhasil memenangkan berbagai nominasi penghargaan di Academy Awards 2020, termasuk nominasi bergengsi, “Best Picture”. Film ini berhasil mengalahkan film Hollywood yang bertengger di Box Office, seperti “Joker”, “Jojo Rabbit”, “Once Upon a Time in Hollywood”, hingga “The Irishman”.

Film bergenre komedi satir ini memang memiliki keistimewaan dalam banyak hal, mulai dari ide ceritanya yang mengangkat ketimpangan sosial antar kelas ekonomi; hingga daya imajinasi sang sutradara dalam mengonsep setiap alur cerita.

Namun, satu hal penting lainnya yang tak dapat terelakkan dari film ini adalah tampilan visualnya yang memanjakan mata, namun tetap sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan dari film “Parasite” ini.

Ya, desain latar merupakan salah satu hal yang dipikirkan secara matang oleh Bong Joon-Ho—sang sutradara—beserta Lee Ha Jun—set designer dari tim produksi film “Parasite”. Bagaimana tidak, hunian keluarga Park yang menjadi latar utama dalam film “Parasite” ini merupakan bangunan yang sengaja dibangun untuk memenuhi imajinasi Bong Joon-Ho.

Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang desain latar pada film “Parasite” yang berhasil memukau hati para penontonnya.

1. Maksimalnya Pencahayaan Alami Pada Bangunan

Pic Source : Indiewire.com

 

Salah satu hal utama yang memberi kesan dramatis pada film “Parasite” ini adalah “penampakan” cahaya alami pada setiap elemen rumah mewah ini—mulai dari area depan rumah, tangga, hingga interior rumah yang dibanjiri cahaya pembawa nuansa berbeda.

Ternyata, Bong Joon-Ho dan Lee Ha Jun memang membangun eksterior serta interior latar film ini dengan mempertimbangkan titik-titik cahaya tersebut, agar setiap scene yang diciptakan terlihat berkesinambungan satu sama lain.


2. Interior Modern di Seluruh Ruang

Pic Source : Architecturaldiggest.com

 

Salah satu hal yang sangat jelas terlihat dalam setting film “Parasite” ini adalah pengaplikasian desain modern futuristik pada keseluruhan rumah ini. Sentuhan natural yang kental pun terasa dengan apik, dengan adanya hamparan rumput hijau yang luas, serta ruang-ruang terbuka yang minim sekat, dan dikelilingi kaca yang bisa terhubung dengan ruang luar.

Tak hanya itu, furniture bergaya modern pun mengisi seluruh ruang, dengan pendaran cahaya buatan yang juga menambah kesan hangat pada rumah tersebut. Keren, kan?


3. Mengaitkan Kisah Cerita dengan Desain Rumah

Pic Source : Theverge.com

 

Sang sutradara—Bong Joon-Ho—seakan ingin menciptakan sebuah dunia sendiri yang berkaitan dengan alur cerita di dalam rumah ini. Bahkan, dilansir dari today.line.me, ternyata setiap karakternya memiliki ruang untuk menyusup dan ruang rahasia yang tak diketahui.

Bahkan, jika diperhatikan, setiap elemen pada rumah keluarga Park ini memiliki peranan penting dalam cerita, bukan? Jelas sudah, rumah ini tak hanya menjadi “latar belakang” saja, tetapi juga bagian dari “tokoh” yang berperan penting dalam film ini.


4. Tidak Ada TV di Ruang Keluarga, Karena …

Pic Source : Indiewire.com

 

Jika diperhatikan, ruang keluarga dalam rumah keluarga Park ini tak memiliki televisi, tak seperti rumah pada umumnya. Ternyata, hal ini bukanlah suatu ketidaksengajaan.

Dalam film ini, dikisahkan bahwa sang arsitek fiktif yang bernama Namgoong Hyeonja membangun ruang tamu lantai pertama, demi menghargai keberadaan taman.  Oleh karena itu, Lee Ha Jun sengaja membuat ruang tamu besar beserta taman yang terlihat, agar menyerupai foto yang tampak indah di layar. Alhasil, imajinasi ini terealisasikan dengan ciamik, bukan?


5. Pesan Kesenjangan Sosial yang Terlihat Kental

Pic Source : Indiewire.com

 

Tak hanya filmnya yang memuat pesan moral, desain rumah latar pada film “Parasite” ini pun memuat pesan sosial yang tersirat jelas.

Bong Joon-Ho menganalogikan, bahwa semakin miskin seseorang, maka semakin sedikit mereka mendapatkan cahaya matahari. Atmosfer inilah yang akan Anda dapatkan saat menonton adegan film di rumah asli keluarga Kim. Berbeda sekali dengan penampilan rumah keluarga Park yang selalu bermandikan cahaya matahari dalam setiap langkahnya, bukan?

Penggunaan tangga dan konsep semi basement pada kedua rumah ini pun terlihat sangat kontras berbeda, sehingga memperlihatkan kesenjangan kelas sosial yang sangat kental.

***

Ternyata, dalam film pun, desain sebuah ruang bisa “berbicara” dan memberikan ceritanya, bukan? Semoga info dari Gudang Furniture kali ini bermanfaat, menginspirasi, dan menghibur, ya!

WhatsApp