Sejarah dan Ciri Gaya Industrial yang Semakin Marak Dijadikan Inspirasi Bangunan

Belakangan ini desain arsitektur industrial cukup populer di Indonesia. Baik untuk bangunan hunian pribadi ataupun komersial. Gaya industrial kerap ditemukan di restoran yang bergaya barat. Lantai beton juga ditemukan menghiasi tipe hunian ini.

Sejarah Kemunculan Gaya Industrial

Awal mula munculnya gaya arsitektur industrial adalah pada tahun 1950-an di benua Eropa. Saat itu ada banyak bengunan bekas pabrik yang terbengkalai dan tidak digunakan lagi. Agar bisa dimanfaatkan dan nyaman untuk dihuni kembali, maka dilakukan penyesuaian. Namun demikian, karakter asli bangunan tetap dipertahankan dan tidak dihilangkan.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika bangunan bergaya industrial akan terkesan seperti gudang atau bangunan yang belum selesai. Tidak jarang juga ada yang menganggapnya terkesan suram atau seperti bangunan terlantar dan perlu renovasi. Padahal, di saat yang sama gaya industrial juga memperlihatkan modernisasi, kolaborasi antara kesederhanaan dan estetika.

 

 

Ciri-ciri Gaya Industrial

Ada beberapa ciri khas dari gaya industrial. Di antaranya adalah:

  1. Finishing yang diminimalisir pada elemen-elemen bangunan dan furnitur. Kesan maskulin akan sangat kuat pada gaya industrial. Hal itu ditonjolkan dengan mengekspos material kasar seperti logam dan baja, ataupun mendaur ulang material industri seperti aluminium, kaca atau pun besi dan baja. Banyak dari material dibiarkan bergaya 
  2. Elemen-elemen bangunan lebih terekspos, sehingga terkesan apa-adanya. Seperti batu-bata pada bagian dinding yang tidak diplester. Namun demikian, batu bata kadang dicat sesuai warna bagian dinding lainnya yang tertutup. Warna putih, abu-abu atau warna natural lainnya kerap menjadi pilihan, sesuai dengan khas gaya industrial yang cenderung monokromatik.
  3. Kecenderungan warna pada bangunan industrial memang didominasi oleh warna monokrom. Pemilihan dekorasi juga harus disesuaikan. Lantai pada gaya industrial memang unik. Bukan keramik atau marmer. Melainkan parket, semen, acian atau beton yang jadi pilihannya. Namun untuk bangunan komersial seperti co worker yang bergaya industrial pemakaian karpet tentu diperlukan.

***

Kamu juga bisa menemukan furnitur dengan gaya interior industrial di Gudang Furniture, dan dapatkan cashback 50rb belanja melalui aplikasi playstore Gudang Furniture.

Artikel Terkait

Dec 13, 2021
5 Tips Membeli Kursi Gaming

Pamor kursi gaming semakin populer sejak banyak para gamer yang melalukan stream online di sosial medianya. Para youtube gadget juga banyak yang membahas mengenai kursi gaming ini, akhirnya kursi gaming menjadi tren tersendiri

Nov 24, 2021
Hari Baik Untuk Pindah Rumah, Jangan Sembarangan Pilih Hari!

Sebelum kamu pindah ke rumah baru, ada banyak persiapan yang harus kamu lakukan, mulai dari memilih peralatan dan perlengkapan rumah, mengurus dokumen, serta kebutuhan lainnya. Hal ini juga termasuk memilih hari baik pindah rumah yang banyak dipercaya orang karena mempengaruhi keberuntungan dan hal positif lainnya. Nah, untuk mengetahui informasi lengkap mengenai hari baik pindah rumah, simak tips di bawah ini, yuk! 

Nov 11, 2021
Kisah Dibalik Lagu ‘Easy On Me’ Milik Adele, Yang Menceritakan Tentang Perceraiannya

Setelah merilis lagu dan album bertajuk ‘25’ pada tahun 2015 silam, Adele layaknya menghilang dari industri musik dunia, tempat dirinya tumbuh dan dikenal banyak orang, hingga akhirnya pada tanggal 15 Oktober 2021 dirinya mengeluarkan lagu baru.

Nov 04, 2021
9 Tipe Teman Kantor Yang Paling Sering Ditemui

Di mana pun kita berkerja, tentu kita akan menemukan orang dengan karakter yang berbeda-beda di lingkungan kerja. Jika diperhatikan, kamu pasti akan selalu menemukan berbagai tipe pekerja kantoran yang berbeda. Nah ini dia, tipe-tipe pekerja kantoran yang paling sering kita temui. Kira kamu termasuk yang mana?

WhatsApp

• Online

yuk tanyakan segala hal disini dari stok, spesifikasi produk,
cara order, cara pembayaran, dan pengiriman.
Sebelum memulai chat
silahkan isi data nama dan no hp.
Nama
No. Hp
Kirim

Lampiran Produk

Lampirkan ( 0 / 5 )
Cari Produk Kamu
Lampirkan Foto
+